WISATA ALAM YOGYAKARTA

Daerah Istimewa Yogyakarta yang sering disebut Kota Jogja merupakan salah satu tujuan wisata andalan Indonesia selain Bali.
Daerah Istimewa Yogyakarta yang sering disebut Kota Jogja, atau bahkan Jogja saja, merupakan salah satu tujuan wisata andalan Indonesia selain Bali. Kekayaan budaya dan sejarah yang dimilikinya, membuat wisatawan luar maupun dalam negeri ingin menyaksikan secara langsung pesona yang dimiliki kota itu. 

Namun, tak hanya wisata berbau sejarah saja yang dimiliki Yogyakarta, banyak tempat menarik lainnya yang bisa Anda nikmati. Berikut kegiatan dan tempat-tempat “tak biasa” yang dapat Anda kunjungi jika sedang berlibur ke Jogja

1. Gua Pindul 

Gua berhiaskan stalaktit dan stalagmit yang indah terletak di Karangmojo, Gunung Kidul, Anda akan diajak menyusuri sungai di kegelapan sepanjang 300 m menggunakan ban pelampung. Batu kristal, moonmilk, serta stalaktit dan stalagmit yang indah akan menemani Anda selama perjalanan menyusuri gua. Siapkan biaya dua puluh lima ribu rupiah, dan Anda dapat menikmati eksotisme Gua Pindul.

2. Air Terjun Sri Gethuk

Masih berada di kawasan Gunung Kidul, ada satu lagi kawasan liburan yang indah dan menyenangkan. Air Terjun Sri Gethuk akan menyegarkan liburan Anda di Kota Jogja yang udaranya cukup panas. Terletak diantara Sungai Oyo yang dikelilingi area persawahan, air terjun ini memberikan pemandangan yang jarang Anda dapatkan di Jogja. Bebatuan yang berundak-undak di bawah air terjun, menambah keasrian Air Terjun Sri Gethuk. Bunyi gemericik air terjun seperti memanggil-manggil siapapun untuk menyicipi segarnya air dari Air Terjun Sri Gethuk ini. 

3. Gua Jomblang

Ada yang tahu bahwa Jogja pernah dijadikan tempat pengambilan gambar program acara "Amazing Race Amerika" pada tahun 2011 lalu? Tepatnya di Gua Jomblang, gua berbentuk vertical yang adalah salah satu gua dari ratusan gua di Gunungkidul yang terkenal karena keindahannya. Untuk menuruni Gua ini, Anda harus didampingi oleh ahli caving yang sudah mengenal kondisi Gua Jomblang dengan baik, selain itu juga Anda harus menggunakan peralatan-peralatan khusus seperti seat harness, chest harness, ascender / croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang, serta cowstail pendek. 

Memang tidak mudah untuk menuruni gua ini, namun perjuangan Anda akan terasa sepadan setelah melihat hijaunya hutan yang sangat subur, berbagai macam tumbuhan  lumut, paku-pakuan, dan tumbuhan hijau menakjubkan lainnya. Hutan ini memiliki jenis tumbuhan yang jauh berbeda dengan kondisi di atas, karena itulah tempat ini sering dikenal dengan nama hutan purba. 

(RC.RP/ Foto: Dok. Istimewa)



Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali