JALAN-JALAN KE SYDNEY

Sydney menyimpan sejuta pesona dan kegiatan menarik yang dapat dinikmati oleh setiap wisatawan yang datang berkunjung. Kira-kira, apa sajakah pesona dan kegiatan tersebut?

Sebagai ibu kota negara bagian New South Wales sekaligus kota terbesar di Australia, Sydney memiliki beragam destinasi wisata menarik untuk didatangi.

Apalagi Sydney memiliki iklim subtropis basah, di mana Anda dapat menikmati musim panas yang hangat dan merasakan sejuknya musim dingin. Membuat kota ini menjadi destinasi wisata yang menarik sepanjang tahun.

Tak heran Sydney menawarkan beragam kegiatan menarik. Misalnya berpetualang dan berolahraga. Anda bisa rafting di tempat perlombaan olimpiade tahun 2000 berlangsung atau menikmati pemandangan kota Sydney dari udara dengan balon udara. 

Tak lupa menjelajahi beragam pantai indah nan cantik yang dimiliki kota ini. Bondi, Manly, Balmoral Beach, Camp Cove, dan Parsley Bar merupakan beberapa pantai terkenal di wilayah Sydney.

Pantai Bondi yang memukau
Pantai Bondi yang memukau. Photo by Destination NSW

Sydney sebagai salah satu kota paling multikultural di dunia memiliki kekayaan budaya yang beragam. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke Sydney, jangan lupa mengeksplorasi sisi seni dan budayanya. 

Anda bisa menikmati desain Sydney Opera House yang unik atau langsung menonton pertunjukkan yang sedang digelar. Lebih dari 1.600 pertunjukkan ditampilkan setiap tahunnya di tempat ini, dari balet hingga pertunjukan teater.

Tak ketinggalan, kunjungi  Art Gallery of New South Wales. Didirikan tahun 1871, galeri ini memiliki koleksi seni yang luas, dari Australia, Asia, dan Eropa. Berbagai pameran dan acara pun terus bergulir dengan menampilkan berbagai program menarik.

Ragam budaya ini juga berpengaruh dengan makanan bercita rasa tinggi dan pastinya memanjakan lidah. Kunjungi Potts Point, Chippendale, Surry Hills, atau Newtown yang menyediakan beragam restoran dan kafe menarik.

Anda juga bisa mencicipi lezatnya makanan di Sydney di pasar terbuka, seperti Sydney Fish Market, Bondi Farmers Market, dan Carriageworks Farmers Market.

Sydney merupakan surga belanja, dari barang dengan merek yang terkenal di seluruh dunia hingga produk lokal yang tak kalah bagusnya.

Pitt Street Mall, Westfield Sydney, Queen Victoria Building, The Strand Arcade, World Square, The Rocks Precint, Chifley Plaza, Harbourside Shopping Centre, The Star, dan Broadway Shopping Centre merupakan beberapa pusat perbelanjaan yang dapat Anda kunjungi di Sydney.

Selain itu, Sydney memiliki pasar terbuka yang wajib untuk dikunjungi karena menawarkan beragam produk lokal menarik. Setidaknya terdapat empat pasar terbuka yang jangan sampai terlewatkan. Keempat pasar tersebut adalah Paddy’s Market, The Rocks Markets, Bondi Markets, dan Paddington Markets.

Berkunjung ke Sydney juga tidak lengkap tanpa mengunjungi wilayah lainnya, seperti Blue Mountains, Hunter Valley, dan Port Stephens. 

Blue Mountains


Three Sister merupakan salah satu ikon Blue Mountains yang mendunia

Blue Mountains merupakan kawasan pegunungan seluas satu juta hektar yang telah masuk dalam warisan situs dunia. Dari Sydney tempat ini berjarak sekitar 2 jam dan dapat diakses dengan menggunakan mobil, bus wisata, dan kereta. 

Anda bisa menikmati keseluruhan pemandangan Blue Mountains yang indah dengan menggunakan Scenic Skyway dan Scenic Railway. Scenic Skyway dengan menggunakan alas kaca akan mengajak Anda menyeberangi lembah dengan berpanoramakan seluruh pemandangan khas di Blue Mountains, seperti Three Sisters, Mount Solitary, Jamison Valley dan Katoomba Falls. 

Sedangkan Scenic Railway merupakan jalur kereta paling curam di dunia. Perjalanan ini akan membawa Anda melintasi terowongan panjang dan pepohohan indah sebelum berhenti di stasiun yang terletak di dasar lembah. 

Blue Mountains juga memiliki salah satu rangkaian gua tertua di dunia dan paling luar biasa di Australia, yaitu Jenolan Caves. Gua ini terdiri dari labirin yang bertaburan stalaktit dan aliran sungai bawah tanah. 

Tepat di atas gua ini, terdapat Blue Lake yang indah mempesona. Jika berkunjung ketika menjelang fajar, Anda dapat bertemu dengan hewan liar, seperti kangguru, walabi, dan platipus.

Hunter Valley


Menikmati wine tasting dan makanan yang memanjakan lidah di Hunter Valley

Terletak dua jam dari Sydney, Hunter Valley merupakan kawasan perkebunan tertua di Australia. Hunter Valley sendiri merupakan rumah bagi 120 kilang anggur dengan sejarah dari tahun 1800an. 

Di tempat ini Anda bisa menjelajahi perkebunan anggur yang indah, baik dengan berjalan kaki ataupun dari ketinggian 600 meter dari permukaan tanah bersama balon udara. 

Bagi pecinta anggur, Anda dapat mencicipi minuman anggur sembari menikmati sajian makanan segar khas lokal. Di tempat ini pula Anda bisa bertanya pertanyaan seputar minuman anggur. 

Jangan lupa mengunjungi festival yang berlangsung sepanjang tahun, dari pertunjukkan Jazz di tengah perkebunan anggur hingga festival makanan dan minuman anggur itu sendiri.

Bagi yang tertarik berkunjung, Anda bisa menyewa mobil atau mengikuti paket tur satu hari. 

Port Stephens


Sandboarding dari ketinggian 50 meter memberikan pengalaman tak terlupakan

Sebagai pelabuhan alam besar di Hunter Region, Port Stephens memiliki 26 pantai berpasir keemasan yang memukau. Pesona ini ditambah teluk yang ukurannya dua kali lebih besar dari Sydney Harbour yang dikelilingi oleh semenanjung pengunungan hutan hujan. 

Port Stephens memiliki tiga wilayah utama, yaitu Tomaree Peninsula, Tilligerry Peninsula, dan Golden Bight. Di ketiga tempat ini Anda dapat melakukan sandboarding dari ketinggian 50 meter, mengemudikan kendaraan menjelajahi bukit pasir, berenang bersama lumba-lumba, berselancar dan snorkling, serta mengeksplor alam di taman nasional.


Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali