SOUTH KOREAN STREET FOOD AT WINTER TIME - IT'S SO YUMMY!

Jangan takut akan kedingin saat musim dingin tiba di Korea Selatan, karena masih banyak makanan dan jajanan Korea yang disajikan dan dijual di sepanjang jalan kota dengan harga yang terjangkau.

Siapa yang tidak kenal dengan negeri Kimchi, Korea Selatan? Selain karena korean wave yang sedang melanda anak-anak muda di seluruh dunia, tradisi dan makanan khas Korea juga sekarang sudah banyak penggemarnya. Korea memiliki beragam makanan yang dihidangkan di setiap musimnya. Mulai bulan November di Korea Selatan sedang mengalami musim dingin. Tak hanya menunggu turunnya salju dan cuaca dingin yang cukup menusuk kulit, saat musim dingin tiba, di Korea selatan juga terkenal dengan makanan khas musim dingin. Banyak terdapat berbagai jajanan khas yang lezat dan sangat pas untuk menghangatkan badan. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Korea yang biasa hadir untuk menemani para traveler saat musim dingin :

1. Mandu-guk


Mandu-guk merupakan sup pangsit yang dipercaya berkhasiat untuk meghangatkan tubuh dan pikiran serta mampu dinikmati hampir semua warga Korea Selatan pada musim dingin. Pangsit indah diisi dengan daging sapi cincang dan sayuran,kemudian ditambahkan ke kaldu panas bersama dengan kue beras diiris dandirebus dengan sempurna makanan ini secara  tradisional disajikan pada tahun baru. Manduguk biasanya berkisar 4.000 won untuk 6.000 won per mangkuktergantung pada daerah dan restoran yang menjualnya.

Hidangan ini secara teratur dimakan oleh warga Korea di musim dingin. Beberapa restoran menyajikan mandu dengan berbagai warna yang terbuat dari pewarna alami untuk memberikan tampilan berbeda. Sup ini biasa dimakan sepanjang tahun namun sesuai tradisi sup ini sangat umum dimakan saat tahun baru.

2. Tteokguk

Tteokguk adalah makanan wajib saat merayakan Seollal atau tahun baru Imlek Korea yang biasanya dirayakan sehari setelah tahun baru Cina yang masih berada di musim dingin. Sup ini terbuat dari tteok yang diiris tipis dimasak dalam kuah kaldu sapi dan diberi tambahan daging sapi, irisan rumput laut, telur dan daun bawang kemudian disajikan saat masih hangat. Berwarna putih, menyimbolkan bersih dan kesegaran untuk mengawali tahun baru. Kue beras berbentuk coin menyiratkan uang menyimbolkan kemakmuran.

3. Bungeo-ppang/Ingeo-ppang/Hwanggeum Ingeo-ppang (kue ikan)

Bungeoppang adalah salah satu jajanan populer di Korea Selatan. Di musim dingin, merupakan hal yang biasa jika banyak ditemukan gerobak makanan yang menjual makanan ringan ini. Bungeoppang dibuat dari adonan tepung terigu yang dicetak ke dalam bentuk ikan. Di dalamnya diisi selai kacang merah yang rasanya manis, namun di beberapa tempat sudah banyak terdapat beragam isi dari Bungeoppang. Bungeoppang lebih enak disantap selagi masih hangat.   Kata orang, kita dapat melihat personaliti seseorang dari bagaimana cara memakan Bungeoppang ini. Jika dimakan dari Kepala dahulu, orang tersebut berkepribadian optimis, tidak peduli dengan hal-hal sepele, positif dan bersemangat. Jika dimakan Ekor dahulu, orang tersebut sensitive, romatis, dan fashionable. . Jika dimakan  perut dahulu, orang tersebut  maskulin, aktif, cerdas. . Jika dimakan  sirip pertama, orang tersebut  temperamental dan kekanak-kanakan, penyediri.  Dibagi dua lalu makan kepala dahulu, orang tersebut  sopan, bagus dalam mengatur uang, rasional. Dibagi dua lalu makan ekor dahulu, orang tersebut  berkemauan keras, planner, pelit, sulit meminjamkan uang.

4. Toppoki

Siapa yang tidak tahu tteokbokki? Jajanan yang satu ini merupakan jajanan yang sangat populer. Tteokbokki sering muncul di berbagai drama maupun program televisi. Makanan ini terbuat dari kue beras yang diberi saus yang rasanya pedas. Namun, bukan hanya pedas, terkadang saus tteokbokki memiliki cita rasa yang manis. Anda akan menemukan penjual topokki di sudut jalanan yang ramai di Seoul, dan terutama di daerah Myeongdong dan Jongno.

5. Kkochi Eomuk (kue ikan tusuk)

Eomuk merupakan salah satu hidangan musim dingin yang sangat populer dan mudah ditemukan dikaki lima. Di Korea sendiri pada musim dingin sangat mendambakan makanan sate lezat eomuk. Makanan ini terbuat dengan kaldu kaya rasa yang dapat dimakan bersama Eomuk. Eomuk ini tidak pedas sama sekali,sehingga semua orang, termasuk anak-anak muda dan orang asing, dapat menikmatinya. Kisaran harga tusuk sate eomuk biasanya dari 500 won menjadi 700won, dan mereka dijual di hampir setiap jalan selama musim dingin.

Jadi, jangan takut akan kedingin saat musim dingin tiba di Korea Selatan, karena masih banyak makanan dan jajanan Korea yang disajikan dan dijual di sepanjang jalan kota dengan harga yang terjangkau pula.

Let’s get lost, let’s get some food!!


Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali