YUK KUNJUNGI UNHYEONGUNG ROYAL RESIDENCE

Istana Unhyeongung atau Unhyeon merupakan rumah tinggal keluarga Kerajaan Korea pada masa pemerintahan Dinasti Joseon pada abad ke-19. Memiliki catatan sejarah yang panjang, istana ini kini menjadi museum dan dibuka untuk umum setiap hari (kecuali Senin).
Salah satu hal yang menakjubkan tentang Seoul adalah bahwa beberapa situs sejarah yang paling menarik berada  di tengah-tengah kawasan bisnis. Tidak jauh dari  dekat Kantor Polisi Jongno dan Pusat Kebudayaan Jepang,  Unhyeongung (istana kecil) adalah salah satu situs tersebut.

Unhyeongung Royal Residence  yang dibangun pada abad ke-14 dan merupakan  rumah Kaisar Gojong semasa mudanya, kemudian ia menjadi Kaisar pada masa Dinasti Joseon. Di bawah perintah Ibu Suri Jo (abad ke-19), Unhyeongung direnovasi menjadi besar, bak sebuah istana dengan empat gerbang. Setelah pembangunan selesai, ayah Gojong, Yi Haeung, atau lebih dikenal sebagai Heungseon Daewongun turun tahta , dan  tinggal di Unhyeongung. Namun sayang selama masa penjajahan Jepang dan Perang Korea bangunan ini banyak yang rusak. Istana Unhyeongung yang dilihat saat ini adalah versi lebih kecil dari struktur megah yang dulu.

Saat melangkahkan kaki melalui gerbang depan, pemandangan pertama adalah deretan kecil kamar di sebelah kanan. Daerah ini, yang disebut Sujiksa, tempat untuk para pelayan dan penjaga. selanjutnya, sisi kiri dari Sujiksa, ada struktur yang disebut Norakdang. Banyak peristiwa penting seperti pesta ulang tahun dan upacara diadakan di sini. 

Norakdang adalah area khusus perempuan. Struktur yang paling menonjol dalam bangunan ini adalah dapur yang digunakan untuk persiapan makanan saat menjamu tamu. Tepat di luar Norakdang, ada beberapa struktur batuan di sepanjang jalan menuju Irodang. Struktur batu yang dikatakan menyerupai berbagai hewan. Di sebelah kiri Norakdang terletak Irodang yang merupakan bangunan utama Unhyeongung. Ini adalah tempat istri Heungseon Daewongun tinggal. Area ini dibatasi dengan dinding yang tinggi, hal ini untuk menghindari penyusup. Di halaman Irodang terdapat  sebuah sumur tua yang masih berfungsi hingga kini. 

Dari kompleks bangunan perempuan, jika Anda melangkah ke arah kanan, di situ terdapat Noandang, merupakan ruang tamu milik Heungseon Daewongun. Kata Noan berarti orang tua dan disertai dengan konotasi kenyamanan dan santai. Dengan demikian, ia menjabat sebagai tempat rekreasi untuk pria. Namun, Noandang bukan hanya tempat istirahat dan hiburan. Sebagai ayah dari seorang kaisar muda, Heungseon Daewongun melakukan semua usahanya dari Noandang.

Keluar dari Noandang, terdapat  sebuah Exhibition Hall di bagian kanan. The Exhibition Hall, sesuai dengan namanya, ruangan ini menyuguhkan koleksi artefak yang menarik dan informasif. Beberapa benda yang terdapat diruangan ini yaitu alat tulis, pakaian pernikahan tradisional, dan masih banyak lagi. 

Jika Anda  merasa lelah setelah berkeliling istana ini, silahkan mampir ke kafe kecil yang sengaja dibuka agar pengunjung dapat rehat sambil minum dan mengudap, sembari menikmati kecantikan bangunan tua  Unhyeongung Royal Residence.

Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali