20 MAKANAN YANG WAJIB DICOBA SAAT BERLIBUR DI JEPANG

Jepang memiliki banyak makanan yang lezat, berikut 20 jenis makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jepang!

Secara umum, masakan tradisional Jepang dikatakan merupakan makanan yang menyehatkan karena cukup protein, relatif rendah kalori, dan mengandung zat-zat gizi yang penting. Pada prinsipnya masakan Jepang dibuat dengan tidak terlalu banyak bumbu dan tidak makan banyak waktu. Berikut 20 jenis makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jepang!


Sushi

Sushi adalah masakan menggabungkan cuka beras dan makanan laut (meskipun kadang-kadang bahan-bahan lain juga digunakan). Ada jenis sushi fermentasi, yang dikenal sebagai nare-sushi, tapi jenis yang paling khas sushi yang nigirizushi dan temakizushi. Ada banyak bahan lain yang tersedia bagi Anda yang tidak suka ikan mentah, termasuk udang rebus dan belut panggang. Anda dapat menemukan sushi di seluruh Jepang, tetapi sushi dari restoran di daerah kelas tinggi seperti Ginza atau dekat dengan pelabuhan perikanan sangat lezat. Jika Anda mencari makan murah, Anda dapat mengunjungi Kaitenzushi, atau conveyor belt sushi restoran, di mana Anda dapat menikmati sushi untuk ¥ 100 piring.


Tempura

Tempura bisa berupa hidangan seafood, sayuran segar, atau bahan-bahan lainnya yang dicelupkan ke dalam tepung dan telur adonan, kemudian digoreng. Meskipun Anda dapat menikmati tempura di segala macam restoran, jika Anda ingin mencobanya yang terbaik, kami sarankan pergi ke sebuah restoran spesialis tempura, di mana setiap hidangan akan disajikan ke meja Anda segera setelah dimasak, bahkan jika Anda memesan banyak!


Sukiyaki

Sukiyaki adalah hidangan daging dan sayuran yang direbus dalam panci besi.  Dinikmati dengan kuah yang dikenal dengan nama warishita, terbuat dari kecap dan gula. Ada banyak variasi dalam bahan dan cara makan hidangan tergantung daerahnya. Beberapa daerah menambahkan telur kocok ke dalam kuahnya untuk membuat rasa lebih ringan. Jika Anda mencari untuk menikmati banyak daging sapi yang besar, ini adalah hidangan untuk Anda!


Ramen

Ramen adalah hidangan sup yang telah berkembang menjadi sangat populer dan dianggap sebagai buah bibir untuk makanan Jepang. Awalnya, sup dibuat dari tulang ayam, tapi dalam beberapa tahun terakhir, daging babi, daging sapi, dan makanan laut juga digunakan dalam sup ini sehingga menciptakan beragam selera. Selain rasa garam, kecap dan miso yang khas, Anda bahkan dapat menemukan kari ramen rasa sekarang. Ada juga jenis ramen mie dan sup disajikan secara terpisah, yang dikenal sebagai tsukemen.


Curry Rice

Banyak orang tahunya kari adalah makanan yang berasal dari India, ternyata Jepang juga punya loh! Kari yang berasal dari Jepang sangat unik, dibuat dari daging dan sayuran (wortel, kentang, bawang, dan lain-lain) dibumbui dengan bubuk kari, direbus, dan disajikan dengan nasi.


Tonkatsu

Tonkatsu adalah hidangan yang berbahan dasar irisan daging babi yang dicelupkan dalam tepung dan direndam dalam adonan telur, dilapisi remah roti, kemudian digoreng dalam minyak yang banyak. Kini Tonkatsu ada juga yang terbuat dari ayam atau daging sapi. Untuk menikmati Tonkatsu yang enak, datanglah ke restoran spesialis Tonkatsu.


Japanese Soba

Soba artinya tepung dalam bahasa Jepang, tapi Soba di sini artinya adalah mie. Mie Jepang biasa dinikmati dengan kecap asin atau kecap manis, dengan topping telur, atau tempura, atau side dish lainnya. Jika ingin merasakan mie yang enak, silahkan saja sambangi Japanese Soba Restaurant, bisa dipastikan Anda akan merasa suka dengan rasanya, tapi harganya juga agak lebih mahal. Jika Anda adalah budget traveler, coba beli convenience store.


Udon

Mirip dengan soba, hanya saja ukurannya lebih besar. Jika berlibur ke Jepang di musim dingin, mengapa tidak mencoba rebusan mie lezat, yang dikenal sebagai nabe yaki udon?


Karaage

Karaage adalah ayam dibumbui dengan kecap, garam dan sejumlah rempah--rempah, ditaburi dengan tepung dan digoreng dalam minyak. Kata lainnya adalah ayam goreng versi Jepang,  tapi rasa sangat berbeda. Ada banyak variasi lokal, misalnya ayam Nanban di Miyazaki, yaitu karaage ditutupi dengan saus tartar, atauTebasaki di Nagoya, yaitu karaage yang dimasak dengan saus manis dan pedas.


Yakitori

Bagaikan sate dalam daftar menu Indonesia, Yakitori adalah hidangan ayam yang  dibumbui dengan garam manis atau kecap, ditusukkan ke skewer,  dan bakar. Anda biasanya dapat menemukan yakitori di bar / restoran atau biasa disebut Izakaya, tapi sebagai masukkan, cobalah menikmati yakitori di  restoran spesialis yakitori. Di sini Anda dapat menikmati segala macam bagian dari ayam dengan harga yang cukup masuk  akal. Anda juga dapat menemukan daging babi skewered atau yakiton dalam bahasa Jepang, yang lezat juga!


Yakiniku

Yakiniku adalah hidangan yang daging sapi dicelupkan dalam saus, dan panggang langsung di atas api. Kesegaran daging sangat penting untuk hidangan ini karena Anda dapat menikmati rasa lembut daging sapi Jepang. Hidangan yang paling populer adalah sirloin (dikenal sebagai rosu dalam bahasa Jepang) dan kalbi (Korea—namun dagingnya diasinkan). Di restoran yakiniku Anda dapat menikmati segala macam jenis daging. Harga daging tergantung pada kualitas.


Sashimi

Sashimi adalah hidangan tradisional Jepang yang disajikan segar (tidak dimasak), biasa berupa potongan ikan segar, dinikmati dengan  dengan saus kedelai , wasabi dan pickle jahe.  Anda dapat menikmati sashimi di banyak tempat di Jepan dengan tingkat kesegaran ikan yang berbeda-beda. Jika Anda mencari tempat yang murah untuk menikmati sashimi, mengapa tidak mencoba di restoran dekat pelabuhan nelayan, tetapi jika Anda bersedia untuk menghabiskan sedikit lebih, Anda harus mengunjungi sebuah restoran sushi atau restoran tradisional Jepang yang menjamin Anda tidak akan kecewa! Jika Anda tinggal di sebuah ryokan, atau penginapan tradisional Jepang, dengan makan malam, Anda mungkin akan menemukan sashimi di menunya.


Rabotayaki

Robatayaki bukan tipe makanan, tetapi jenis restoran. Di restoran, ikan dan sayuran yang dimasak di atas perapian dan diserahkan kepada pelanggan dengan sendok kayu besar, yang dikenal sebagai horikaeshibera. Bahan-bahan dimasak langsung di arang, memberi mereka rasa yang unik. Restoran Robatayaki juga memiliki kode unik ketika memesan. Misalnya, jika Anda meminta kentang, atau Jagaimo dalam bahasa Jepang, pelayan akan berteriak, Jagaimo ippatsu!


Shabushabu

Hidangan yang daging dan sayuran yang direbus dalam air yang telah dibumbui yang dikenal dengan nama konbu. Saus khas untuk Shabushabu adalah ponzu atau saus berbasis wijen. Kunci untuk hidangan yang ringan adalah merendam daging dalam kuahnya sebelum makan. Anda dapat memesan jenis daging apa saja mulai dari sapi, ayam, ataupun babi. Ada juga mie udon ditambahkan ke piring di akhir makan. Untuk menikmati Shabushabu, Anda harus datang ke resto khusus Shabushabu.


Gyutankyaki

Hidangan dari Sendai berupa lidah sapi (Gyutan) yang sebelumnya sudah dipersiapkan terlebih dahulu dengan cara tertentu untuk membuat lidah sapi tersebut terasa sangat lembut. Oleh karena itu Anda harus mencobanya di resto khusus  Gyuntayaki. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi yang telah dimasak dengan menggunakan mugimeshi, tororo (ubi parut), kubis putih, berbagai acar, dan sup lidah sapi.


Gyudon

Hidangan berupa semangguk nasi yang diatasnya diberi daging sapi, ayam, atau babi (dimasak apa saja). Gyudon menjadi sangat terkenal, tak hanya di Jepang, Anda juga bisa menikmatinya di berbagai negera di dunia. Di beberapa restoran, mereka menambahkan telur kocok sebagai tambahan topping.


Chankonabe

Bisa dikatakan makanan sehat karena semua jenis makanan, baik daging ataupun sayuran dimasak jadi satu dalam sebuah wadah besar. Menu ini adalah sajian khusu untuk para atlet Sumo.


Onigiri

Gampangnya, ini adalah nasi kepal versi Jepang. Bisa berbentuk bola atau segitiga, di dalamnya diisi salmon, ayam, umeboshi (dried plum), kemudian dibungkus dengan nori. Jika Anda baru pertama kali makan onigiri, pilihlah tuna dengan mayonese, atau ayam mayonese, karena rasanya sangat familiar dengan lidah Indonesia. Onigiri sangat mudah ditemukan di Jepang, hampir semua convenience store menjualnya. Anda juga bisa membelinya di vending machine.


Jingisukan

Ini adalah sajian khas dari daerah Hokkaido dan Iwata Prefecture. Menu utama  berupa daging kambing yang dimasak dalam sebuah panci khusus. Daging dimasak pada bagian tengah pot, yang memungkinkan jus dari daging mengalir ke bawah dan meresap ke dalam sayuran di sisi pot. Jika Anda tidak suka daging kambing, bisa diganti dengan sapi atau ayam.


Okonomiyaki

Campur aduk adalah kata yang tepat untuk mendeskripsikan jenis makanan ini. Sayuran, daging, makanan laut dan bahan-bahan lain yang ditambahkan ke campuran tepung terigu dan telur dan dimasak di hotplate seperti martabak. Dinikmati dengan saus khusus dan mayonese. Hmmm yummy.



Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali