APA ITU NORTHERN LIGHTS

Aurora Borealis adalah cahaya di utara yang berdansa diatas langit saat mereka muncul. Cahaya itu terjadi karena adanya koalisi antara partikel bermuatan listrik yang terpantul dari matahari dan partikel gas bumi di atmosfer bumi. Cahaya Aurora bisa terlihat di daerah kutub utara dan selatan. “Aurora borealis” adalah nama lain dari Northern lights di kutub utara, sedangkan di kutub selatan dinamakan Southern Lights atau “Aurora Australis”.

Northern Lights adalah cahaya di utara yang berdansa diatas langit saat mereka muncul. Cahaya itu terjadi karena adanya koalisi antara partikel bermuatan listrik yang terpantul dari matahari dan partikel gas bumi di atmosfer bumi.  Cahaya Aurora  bisa terlihat di daerah kutub utara dan selatan. “Northern Lights” adalah nama lain dari Aurora Borealis di kutub utara, sedangkan di kutub selatan dinamakan  Southern Lights atau “Aurora Australis”.

Aurora menampilkan banyak warna, tetapi yang paling sering muncul adalah warna hijau muda dan pink. Warna merah, kuning, hijau dan biru telah beberapa kali muncul pula. Cahaya dari Aurora menampakkan bentuk berbagai macam seperti: wajah cantik seorang perempuan, wajah menakutkan seperti monster, bentuk pita, busur panah, dan lain-lain.

Apa faktor penyebab dari Northern Lights (Aurora Borealis)?

Northern Lights atau Aurora Borealis terjadi saat adanya koalisi antara partikel gas di atmosfer bumi dan partikel listrik yang dipantulkan oleh matahari. Warna-warni cahaya yang terlihat dikarenakan oleh macam atau tipe dari partikel gas yang bertabrakan tersebut. Warna hijau muda kekuning-kuningan yang merupakan warna yang sering dan paling umum muncul, dihasilkan oleh molekul oksigen yang terletak sekitar 97 km (60 mil) dari bumi.  Sedangkan warna lainnya yang jarang muncul, seperti merah dihasilkan molekul oksigen dari ketinggian 322 km (200 mil). Sedangkan nitorgen menghasilkan warna biru atau merah ke ungu-unguan.

Dimana tempat yang paling ideal untuk menyaksikan Northern Lights atau Aurora Borealis?

Aurora bisa terlihat di bumi bagian utara (Northern Lights/Aurora Borealis) dan selatan (Southern Lights/Aurora Australis), terpusat di magnet kutub dengan bentuk oval yang tidak teratur, seperti: Norway (Svalbard), Finland (Kakslauttanen), Sweden (Jukkasjärvi), Iceland (Reykjavik), Northern Canada, Scotland, Ireland, dan Alaska.

Cerita legenda dibalik Aurora Boreali

Auroa Borealis mempunyai arti secara literal "fajar (daerah) utara". 

Menurut mitos di Romawi, Aurora adalah dewi fajar. Pada abad pertengahan, munculnya cahaya Aurora di percayai sebaga pertanda akan terjadinya peperangan atau bahaya kelaparan. Suku Maori di Selandia Baru percaya bahwa cahaya Aurora adalah refleksi dari obor atau api unggun.

Suku Indian Menominee di Wisconsin Amerika percaya bahwa cahaya Aurora mengindikasikan lokasi keberadaan para raksasa yang merupakan roh dari “pemburu dan nelayan hebat”. Suku Inuit di Alaska percaya bahwa cahaya Aurora adalah roh dari binatang-binatang buruan mereka, seperti: anjing laut, salmon, rusa dan ikan paus. Suku aborigin percaya, bahwa cahaya Aurora adalah kumpulan roh dari anggota komunitas mereka yang telah meninggal.

Penduduk Jepang dan Cina percaya bahwa cahaya Aurora bisa memberikan efek kesuburan dan lancarnya proses kelahiran dari bayi yang mereka kandung. Mereka juga percaya bahwa proses terkandungnya seorang bayi dibawah cahaya Aurora kelak akan menjadi orang beruntung dalam masa hidupnya.


Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali