5 MENU PRANCIS YANG WAJIB DICOBA

Berikut adalah 5 makanan yang wajib dicoba saat berlibur di Prancis… dan dijamin Anda ingin lagi…
Saat berada di Prancis ada banyak makanan yang akan membuat liur Anda meleleh, dan ingin coba, dan coba lagi… Berikut adalah 5 makanan yang wajib dicoba saat berlibur di Prancis… dan dijamin Anda ingin lagi… 

   


Soupe a l’oignon

Adalah makanan pembuka berupa sup hangat. Sup ini terbilang bergizi karena terbiat dari kuah sapi kental  dengan tambahan potongan bawng putih. Disajikan selagi hangat denga potongan daging ayam dan parutan keju gruyère. Cara menikmatinya bisa dengan croutons (potongan roti yang sengaja dipanggang hingga kering), atau dengan potongan roti  Baguette (roti tongkat). 

Jenis sup ini telah ada sejak zaman Romawi kuno, dulu sup ini dianggap sebagai sajian rakyat miskin, namun di Prancis, resepnya ‘disihir’ menjadi makanan mewah dengan menambahkan cognac  atau  sherry (sejenis minuman beralkohol) , dan konon sup ini adalah favorite Raja Louis XV. 


  


Croissant 

Inilah roti yang paling mudah didapati seantero Prancis! Menuruit CNN, Croisant adalah roti terenak di dunia. Berbentuk seprti keong melingkar dengan bagian dalam berongga, sangat enak untuk dinikmati dengan berbagai hidangan, ataupun sebagai kudapan. 

Kembali ke sejarahnya, sebenarnya roti ini Menurut legenda, roti ini berasal dari Eropa untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atas pasukan Umayyad dalam peperangan di Tours pada tahun 732, dengan bentuk seperti bulan sabit yang merupakan lambang dari Islam, sedangkan dalam legenda yang lain atau menurut sumber-sumber yang lain roti ini diciptakan pertamakali di Buda atau Vienna pada tahun 1683 untuk merayakan kemenangan pasukan Kristen atas Ottoman pada peperangan memperebutkan kota ini, sebagai gambaran atas bulan sabit yang terdapat pada bendera Ottoman. 

Croissant memiliki cita rasa yang lezat dan bisa disesuaikan dengan kesukaan Anda  dan versi original dari croissant dengan lumuran mentega yang gurih sangat digemari oleh masyarakat Prancis.


  


Beef Bourguignon

Hidangan khas Prancis berbahan dasar daging sapi ini, dikenal juga dengan nama Beef Stew in Red Wine atau Beef Burgundy.  Sebenarnya ada banyak cara untuk memasak makanan ini, tapi yang pasti semuanya adalah dengan satu metode, slowly cook untuk menghasilkan daging yang lembut.

Menu yang satu ini biasanya dihidangkan dengan kentang tumbuk (mash potato) atau baby potato yang hanya direbus dan di-blanched, ditambah dengan rebusan baby carrot dan kacang polong.  

Dulunya, menu ini masuk dalam daftar haute cuisine atau menu mewah, tapi kini, Anda bisa memesannya di banyak restoran di Prancis, dan terdaftar sebagai  menu standard. Namun demikian, beberapa chef Prancis menyatakan bahwa: “sauté de boeuf à la Bourguignonne” (salah satu hidangan daging sapi paling lezat yang dibuat oleh manusia).



Foie Gras

Hidangan hati angsa merupakan makanan mewah yang hanya dipersembahkan bagi raja-raja pada zaman Romawi. Foie Gras yang terbuat dari hati angsa yang disajikan seperti pasta yang digoreng atau dipanggang bersama saus khas Perancis. 

Untuk menciptakan menu ini, hati angsa yang digunakan adalah yang khusus, bukan sembarang angsa. Angsa yang akan diambil hatinya sebagai sajian khusus, dipelihara secara berbeda. Dulu, memang angsa-angsa ini digemukkan dengan cara ‘dipaksa makan’ dengan memasukkan selang ke tenggorokannya. Cara yang dianggap cruel ini sudah dihentikkan, karena dianggap kurang bijak, dan ternyata menyebabkan masalah kesehatan bagi penikmatnya. Jadi kini Foie Gras yang disajikan adalah hati angsa yang sehat. 


   

Crème Brulee
Hidangan penutup nan manis ini, memang aslinya dari Prancis, kemudian berkembang di Inggris dengan nama crème anglaise. Disajikan secara individual dalam sebuah mangkok kecil. Trev=buat dari campuran vanilla, susu, dan buah-buahan, dengan tektur yang lembut dengan bagian atasnya adalah gula caramel.


Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali