THE MODERN CITY OF DUBAI

Dubai, negara bagian dari Uni Emirat Arab ini memiliki banyak hal untuk disaksikan, terlebih lagi bangunan-bangunan dengan berbagai fasilitas modern yang mungkin hanya dimiliki emirat ini.

Pernahkah Anda berpikir untuk menghabiskan tiga hingga tujuh hari  berlibur di negeri yang berada di pantai Teluk Persia yang tinggi daratannya hanya 16 m di atas permukaan laut?  Dubai, satu dari 7 negara yang berada di Jazirah Arab ini mewujudkan mimpi dunia modern melalui bangunan-bangunan pencakar langit dengan semua fasilitasnya. Ada apa saja di Dubai dan apa yang dilakuan wisatawan saat berkunjung ke emirat ini? Emirat Dubai, sedikitnya memiliki 15 tempat yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke sini. 

 

Burj Khalifa

Dulu, menara (burj) ini bernama Burj Dubai, merupakan menara tertinggi di dunia; 829,8 meter. Selain itu, menara ini juga mempunyai lift tercepat di dunia dengan kecepatan 60km/jam yang melayani 163 lantai. Berdiri di atas lahan seluas 2Km2, gedung bergaya Neo-futurism; Burj Khalifa merupakan perpaduan dari 30.000 rumah/apartment unit, 9 hotel, 3 Ha parkland, 19 residential towers, Dubai Mall, dan yang terakhir adalah 12 hektar danau buatan Burj Khalifa. 

 

 

Burj Al Arab 

Inilah hotel tertinggi ke-3 di dunia, gedung setinggi 321 meter ini sepenuhnya digunakan sebagai hotel, tak heran jika hotel ini mendapat predikat "The world's only 7 star Hotel". Berdiri di atas sebuah pulau buatan, di 280 m lepas pantai Teluk Persia, hotel ini merupakan properti milik Jumeirah Group. Pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1999, dengan keunikan atrium lobi tertinggi di dunia, 180 meter. Selain itu, Burj Al Arab memiliki bentuk yang unik, sebuah perahu yang berdiri, dengan halipad di ketinggian 210 m.

 

Jika Anda ingin merasakan makan siang atau makan malam di sebuah restoran tertinggi di dunia, di sinilah tempatnya. Al Muntaha, sebuah restoran yang berada di ketinggian 200 m yang bisa dicapai dengan panoramic elevator. Jangan lupa untuk reservasi ya, sedikitnya 24 jam sebelumnya, atau Anda akan ditolak mentah-mentah. 

 

 

 

Palm Jumeirah 

biasa disebut The Palm merupakan sebuah pulau buatan yang dibangun dengan reklamasi tanah oleh Nakheel, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah Dubai. Pulau ini merupakan satu dari tiga pulau yang disebut The Palm Islands yang akan meningkatkan pesisir pantai Dubai hingga 520 km. 

 

The Palm Jumeirah merupakan pulau yang berbentuk pohon palem dengan cakupan sebuah batang, sebuah mahkota dengan 17 daun, dan sebuah pulau berbentuk sabit yang mengelilinginya dan membentuk 11 kilometer pemecah gelombang. Pulau buatan ini luasnya adalah 5x 5 Km2. 

 

Pulau utama (mahkota) dari the Palm ini dihubungkan dengan Dubai menggunakan jembatan sepanjang 300 m. Sebagai alat transportasinya, dibangun sebuah monorel yang dapat mengangkut 2.000 – 3.000 orang masuk dan keluar pulau setiap jam. 

 

Tentunya Anda akan bertanya-tanya bagaimana awal pembangunan pulau reklamasi ini. Seperti pulau reklamasi lainnya, The Palm dibangun dengan mengeruk laut dengan menggunakan 94 juta m2 pasir jenis  Calcareous  dan 7 juta ton batu. Memakan biaya US$12,3 miliar dengan total pekerja mencapai 40.000 orang, The Palm menjadi pulau buatan manusia terbesar di dunia. Pulau reklamasi ini diisi oleh hotel, vila, perumahan, bangunan apartemen, kafe, restoran, dan taman bermain, marina, dan pertokoan. 

 

 

Jumeirah Beach 

Merupakan bagian dari pengembangan Grup Jumeirah, Pantai Jumeira membentang sepanjang 7 Km, memiliki pasir putih. Jika Anda adalah penikmat pemandangan, berjalan kaki menyusuri pantainya, Anda akan melihat banyak hal, mulai dari hotel, restoran, resort, dan juga perumahan. 

 

 

Wild Wadi Park 

Berada tak jauh dari Burj Arab dan Jumeirah Beach Hotel, Wild Wadi Park adalah taman rekreasi air. Waterpark ini memiliki banyak fasilitas, di antaranya adalah kolam arus dengan dan tanpa air panas, multiple water slides, dan artificial surfing machine. Fasilitas ini 3 kali digunakan dalam The Amazing Race, setiap tim harus meluncur dari ketinggian 21 m, kebayang donk tingginya.... 

 

 

 

 

Dubai Marina

Merupakan sebuah distrik di daerah yang belakangan ini disebut sebagai 'Dubai baru'. Marina Dubai bersi 200 bangunaan bertingkat dan beberapa gedung pencakar langit, di antaranya adalah Dubai Marina Towers, The Torch Dubai Marina, Infinity Tower, The Princess Tower, Number One Dubai Marina, Marina Terrace. Lahan seluas 4,9 juta m2 ini masih dalam tahap pembangunan, jika selesai nanti, Dubai Marina akan menjadi marina buatan manusia terbesar di dunia. 

 

 

Gold Souk

Kata Souk berarti pasar tradisional dalam bahasa Arab, jadi bisa terbayang kan Gold Souk adalah Pasar Emas. Layaknya sebuah pasar tradisional, di sini pun sebuah pasar dengan banyak toko tapi mengkhususkan diri hanya menjual emas dan berlian. Berada di pemukiman Al Dhagaya, pasar emas ini telah ada sejak tahun 1940an. Menurut sumber yang tersedia, di pasar ini sedikitnya 10 ton emas dipamerkan setiap hari. 

 

 

Dubai Mall

Dubai Mall adalah pusat perbelanjaan terbesar di dunia berdasarkan luas. Mal ini merupakan bagian dari kompleks Burj Khalifa. Bahkan memiliki akuarium besar di dalamnya. Di Aquariumnya ini, Anda bisa masuk masuk ke tunnel-nya dan menikmati ikan-ikan dalan giant aquarium, atau Anda bisa ber-experience menyelam dengan perlatan lengkap. Mau yang lebih heboh, bisa coba menyelam ‘bersama’ hiu. Penasaran? 

 

Mall of the Emirates

Mall of the Emirates adalah sebuah pusat perbelanjaan di Dubai. Mall of the Emirat adalah mal terbesar kedua di Timur Tengah. Mall Ini berisi pertokoan dengan luas 2.400.000 meter persegi.

 

Jumeirah Mosque

Ada yang bilang, masjid ini adalah the most photographed mosque in all of Dubai. Benarkah? Kecantikan masjid ini akan lebih terlihat di malam hari, saat semua lampu dinyalakan, sehingga ia berkilau bagai permata di malam gelap. Jumeirah Mosque adalah satu-satunya masjid yang dibuka untuk umum dan bagi wisatawan, bahkan yang non Muslim sekalipun. Jangan lupa untuk membawa kamera saat berkunjung di sini, banyak detail menarik baik di dalam maupun di luar masjid yang bisa Anda abadikan. 

 

 

Ferrari World 

Sebenarnya, Ferrari  World berada di Abu Dhabi, bukan lagi Dubai, tetapi banyak wisatawan yang juga mengunjungi indoor theme park ini sekalian. Berada di lahan seluas 86.000m2, menawarkan berbagai permaianan yang tidak hanya berlaku untuk orang tua, anak-anak juga akan menyukainya. Sedikitnya ada 20 permainan dan atraksi yang akan memacu adrenalin Anda. 

 

teks& foto: berbagai sumber

 


Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali