KASUAMI, PANGANAN WAJIB DI WAKATOBI

Makanan khas masyarakat kepulauan Wakatobi ini berbahan baku utama dari singkong yang diparut kemudian dikukus dan dibentuk seperti tumpeng atau gunungan dengan ukuran agak kecil. Warnanya ada yang dibuat hitam agak keungu-unguan atau putih kekuning-kuningan, tergantung keinginan dan selera ketika membuatnya. Rasanya? Silahkan dicoba..
Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan ibu kota Wangi-Wangi. Tanah yang tandus dan berbatu karang sangat tidak memungkinkan untuk dijadikan kebun sayur, apalagi sawah.

Singkong adalah tanaman yang paling mungkin ditanam di tanah tandus ini, itupun masyarakat mengakalinya dengan mengumpulkan daun-daun kering yang dicampurkan ke tanah sebagai media tanamnya. Meski ada  kebun jagung di beberapa titik, itupun hanya di musim tertentu saja.


Singkong dan ubi yang paling banyak ditanam dan dihasilkan inilah akhirnya yang menjadi makanan pokok masyarakat di Wakatobi. Kasuami adalah hasil olahan dari singkong atau ubi tadi. Setelah diparut atau digiling, kemudian dikeringkan dengan menggunakan kain bersih.  Hasilnya akan menyerupai tepung, tepung ini dijemur di panas matahari untuk mengurangi tingkat keasaman. Ini baru proses pertama, selanjutnya tepung dicampur dengan kelapa atau apasaja (sesuka selera)  dimasukkan ke dalam cetakan, dan dikukus selama 15 menit. Kemudian adonan yang sudah matang dipukul-pukul agar lebih padat, sekaligus mengeluarkan udara dari dalam adonan. Semakin kering Kasuami, semakin baik dan tahan lama atau tidak cepat basi. Jika membuatnya dengan benar, kasuami bisa tahan hingga 14 hari. Sangat cocok sebagai bekal para nelayan yang melaut atau perjalanan jauh.

Kasuami biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan (baik goreng ataupun berkuah), bisa juga disajikan dengan sayur pepaya muda, daun pepaya, atau bunga pepaya. Sebagai pelengkap ditambahkan sambal tomat super pedas yang disebut Colo-colo yang isinya adalah irisan cabe, bawang, tomat, dan perasan jeruk nipis.

Image:warisanindonesia.com



Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali