LIBURAN SERU DI PERTH

Ibu kota negara bagian Australia ini merupakan negara bagian terbesar di Australia, tempat apa saja yang asik untuk dikunjungi?

Selain Darwin, Perth adalah daratan di Australia yang paling dekat dengan Indonesia, khsusnya dari Bali, hanya 3 jam 30 menit. Kota yang berada di sebelah barat  Benua Australia ini adalah kota terbesar ke-empat di Australia. 

Meski Perth luas dan Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk berlibur di kota ini, berkeliling di dalam kota saja pasti juga akan menyenangkan, karena kota Perth berbeda dengan kota-kota besar lainnya, khususnya jika dibandingkan dengan Indonesia. 


WACA Ground

 

Berjalan berkeliling kota Perth bisa dimulai dari WACA Ground, yaitu stadion olahraga. WACA atau Western Australian Cricket Association merupakan rumah bagi tim criket regional ini. Di belakang stadion terdapat Queen Garden yang biasa digunakan oleh masyarakat lokal sebagi tempat bermain atau rekreasi. Di dalam taman terdapat patung Peter Pan yang merupakan hadiah dari Kesington Garden di London untuk anak-anak di Western Australia. Di sisi kanan taman, terdapat jalan Hay Street. Inilah jalan utama yang harus Anda lalui untuk menuntun Anda menuju pusat keramaian kota Perth. 

 


Public Art - Peter Pan Statue in Queens Gardens, Perth

 

Dari taman, Anda bisa mengunjungi objek wisata The Bell Tower, meski di peta terlihat dekat, namun cukup capek jika harus berjalan kaki. Pemerintah setempat sangat baik hati kepada warganya dan wisatawan. Untuk jarak dekat ini, Anda bisa menumpang Red CAT, hanya 20 menit perjalanan, dan busnya datang setiap 5 menit sekali. Naik bus Red CAT ini, turun di Barrack St. Before, jalan kaki sebentar, sampai deh di The Bell Tower.


The Bell Tower

 

The Bell Tower
Adalah sebuah bangunan menara setinggi 82,5 meter yang di dalamnya terdapat 18 lonceng. The Bell Tower terbuat dari tembaga dan kaca campanile. 18 lonceng tersebut berasal dari berbagai tempat, 12 lonceng berasal dari Gereja St Martin-in-the-Fields di Trafalgar Square – London. Enam lonceng lainnya berasa dari  University of Western Australia. Berdiri di tepi Riverside Drive menghadap ke Swan River menjadikan menara ini sebuah oobjek wisata yang unik. Lonceng-lonceng yang telah dijabarkan di atas tadi tadi adalah hadiah bagi penduduk Western Australia pada perayaan ulang tahun kota ini yang ke-200 tahun pada 1988 yang lalu. 
Di halaman depan menara, Anda akan menemukan Love Locks area. Di sini, Anda bisa membeli gembok cinta seharga AUS$ 30, kemudian nama Anda dan pasangan akan digrafir di atasnya, dan Anda bisa menggemboknya di rantai yang sudah disediakan. 

 


Mint House

Royal Mint House
Jika sudah puas berkeliling di The Bell Tower, Anda bisa mengunjungi Royal Mint House yang berada tak jauh dari menara. Anda bisa berjalan kaki menyusuri jalan St. Georges Terrace, dan berbelok di Hill Street, dan sampailah di The Perth Mint  hanya dalam hitungan 15 menit saja. 

The Perth Mint adalah sebuah pabrik pengelola logam mulia resmi milik pemerintah Australia. Didirikan pada 20 Juni 1899, tepat 2 tahun sebelum Federasi Australia tahun 1901. Sebagai salah satu tempat wisata terkemuka di Australia Barat, Perth Mint menawarkan kombinasi yang unik dari kegiatan, pameran dan demonstrasi, yang memungkinkan Anda mengalami daya tarik yang menakjubkan dari logam mulia ini. Sebagai cabang dari Britain Royal Mint, The Perth Mint berfungsi untuk melebur semua hasil tambang emas di timur Western Australia, dan membentuknya menjadi koin hingga saat ini. Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke sini, silahkan saja datang dan sambangi dengan membayar tiket seharga AUS$19.00 / orang. The Perth Mint buka setiap hari, jam 09.00- 17.00 (kecuali hari libur nasional, Christmas Day, Boxing Day, New Year's Day, Good Friday and Anzac Day). 


Disney-Princess-Jasmine-Silver-1oz-Proof-Reverse


StarTrek-Captain-Sisko-Silver-1oz-Proof-OnEdge

 

Di The Perth Mint ini, Anda tak hanya melihat museum dan cara mengolah logam mulia, tetapi juga bisa belanja logam mulia dan batu permata. Di Perth Mint Shop, Anda tak hanya bisa membeli berbagai jenis perhiasan dalam berbagai bentuk. Namun sebagai oleh-oleh, paling tidak untuk diri sendiri, Anda bisa membeli Australian Coins and Nuggets. Coin-coin yang ditawarkan cukup lucu desainnya, mulai dari koin bergambar Kangguru, sampai gambar Puteri Jasmine atau Star Trek. Koin-koin ini ada yang terbuat dari emas, ada pula yang terbuat dari perak. 

Seusai melihat-lihat dan belanja di The Perth Mint, dan masih banyak waktu, Anda bisa ke Kings Park. Dengan jarak 2,6Km ini bisa Anda tempuh dengan berjalan kaki, ataupun naik bus (Bus Biru no. 24/25/103). 


Kings Park 
Taman Para Raja – mungkin demikian terjemahannya. Taman seluas 4.06Km2 ini merupakan bagian dari Perth CBD (central business district). Taman kota ini merupakan campuran dari tiga unsur yaitu lapangan berumput, botanical garden, dan juga semak alami di kaki Gunung Eliza. Kings Park merupakan taman dalam kota terbesar di dunia, dan menjadi ‘rumah’ bagi 324 jenis tanaman asli Australia – 215 di antaranya adalah jenis indigenous fungi, dan juga 80 jenis burung.  


Lotterywest Federation Walkway by T. Scalzo
 


Tree Top Walk Away

Ada beberapa hal yang dilakukan di taman ini salah satunya adalah berjalan di Tree Top Walk Away. Yaitu sebuah jembatan setinggi pohon, dan dari atas jembatan ini Anda bisa melihat kecantikan kota Perth. Untuk menikmati fasilitas ini Anda hanya diminta untuk membayar AUD$15 untuk berjalan di jembatan sepanjang 600 meter. Sebenarnya panjang jembatan ini 150km, melintas dari Pemberton ke Walpole dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan tanah. Sebagian orang pasti merasa takut bukan hanya karena ketinggiannya, tetapi juga karena anginnya yang terasa kencang, meski demikian jembatan ini bisa dipastikan sangat aman. Hanya ada beberapa hal yang harus diingat, yaitu setiap platform-nya hanya mampu menampung 10 orang saja. 

Rasanya satu hari mengunjungi tiga tempat ini sudah cukup menguras tenaga dan memakan waktu. Untuk menutup hari, nikmati sajian di salah satu restoran yang berada di Hay Street . 

 

Photo Credit
Main image: turtledove.wikia.com 
Peter pan Statue: "Public Art - Peter Pan Statue in Queens Gardens Perth" by Dnbosiris - Own work. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikipedia 
The Bell Tower: 
"Swan Bells SMC 2006" by No machine readable author provided. 
"Swan Bells tower" by Original uploader was Moondyne at en.wikipedia.
Tree Top Walk Away : http://www.weekendnotes.com
"Kings Park War Memorial Sunrise" by Mark - Own work. Licensed under GFDL via Wikimedia Commons 
"Lotterywest Federation Walkway by T.Scalzo" by Bgpawikedit - Own work. Licensed under Public Domain via Wikimedia Commons

 



Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali