CANTIKNYA PANTAI KEPULAUAN DERAWAN

Indonesia disebut sebagai Negara kepulauan memang benar adanya. Sejauh timur dari barta, terbentang pulau-pulau yang memberikan kekayaan alam yang maha dasyat. Salah satu pulau dengan kekayaan bawah airnya yang terkenal adalah Pulau Derawan.
Kepulauan Derawan berada di Kalimantan Timur. Sedikitnya ada 4 pulau yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Ada apa di sana?


Pulau Derawan

Pulau yang tidak begitu luas ini (45ha) ini bisa dikelilingi dalam satu hari. Perairannya terdapat taman laut yang sangat cocok bagi para divers. Berbagai jenis binantang laut bisa ditemukan di sini di antaranya adalah Cumi-cumi, Lobster, Ikan Pipa, Gurita, Kuda Laut, Belut Pita, Ikan Skorpion . Pada salah satu titik penyelaman, tepatnya di kedalaman 10 meter di bawah permukaan laut, terdapat Blue Tiger Wall sepanjang 18 meter. Dinamakan Blue Trigger Wall,  karena dinding biru ini adalah ‘rumah’ bagi Red-Toothed Trigger Fishes  atau Ikan Trigger.


Pulau Kakaban
Saat tiba di pulau ini pasti Anda akan merasa menyesal, karena tampilan luarnya biasa saja, dipenuhi pohon-pohon besar yang menjulang tinggi.  Jalan sedikit kedalam mengikuti rute yang sudah terbentuk, Anda akan menemukan Danau Kakaban. Sebuah danau berair payau yang ‘dihuni’ oleh ubur-ubur. Anda diperbolehkan untuk berenang di sini. Takut disengat ubur-ubur? No worries! Mereka satu-satunya jmahluk yang hidup di danau ini. Tidak ada predator yang akan mengganggu mereka, itulah sebabnya ‘alat penyengat’ mereka tidak berfungsi.

Cantiknya Pari Manta
Maratua Island Trip  
Derawan Islands Hopping


Pulau Sangalaki

Manta Ray atau Ikan Pari manta adalah makhluk bawah laut yang paling terkenal dari perairan ini. Ikan pari jenis ini adalah species ikan pari yang terbesar di dunia. Lebar tubuhnya (dari ujung sayap kiri –kanan) 7 meter, bahkan ada yang mencapai 9,1m. Berat ikan Pari Manta rata-rata adalah 3 ton. Ikan Pari Manta bukanlah ikan yang berbahaya meski secara ukuran tubuhnya besar. Ia tidak mememiliki gigi taring atau bisa untuk melawan pemangsanya. Namun demikian, Pari Manta dapat melompat keluar dari air atau memukul lawan dengan sirip dadanya.  Pulau Sangalaki memiliki pantai berpasir putih yang halus, jadi cocok banget untuk sunbathing.

Pulau Maratua
Tercatat sebagai pulau terluar Indonesia, yang memiliki bentuk yang unik. Berukuran kecil  dan memiliki lekukan yang tajam. Di pulau ini juga terdapat dua danau air payau, Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban. Meski secara ukuran Pulau Maratua tidak besar, namun pulau ini memiliki sumber air tawar melimpah.



Photo Credit:
Foto utama: pasirpantai.com
Foto Pari Manta: Djarumsuper
Foto Ubur-ubur: .hi-indonesia.com


Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali