7 TEMPAT WISATA DI PADANG YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Berikut destinasi wisata di Padang, Sumatera Barat yang terkenal dengan legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya. Jangan lewatkan jika Anda dan keluarga berkunjung atau berlibur disini.

Kota Padang adalah ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Kota yang terkenal dengan legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya ini berbatasan langsung dengan laut dan perbukitan, sehingga secara otomatis mempunyai beragam tempat wisata menarik. Kota Padang memiliki kultur yang beragam, tipe orangnya pun juga beragam, adat bersandi sarak, sarak bersandi Kitabullah itulah semboyan masyarakat minang yang melekat hingga kini. Kota sangat terkenal dengan kulinernya yang luar biasa enaknya. Kita bisa dengan mudah menemukan restoran di Kota Padang, dari yang kecil hingga yang mewah. Kali ini travelers akan kita ajak untuk mengetahui apa saja tempat wisata di Padang yang wajib untuk kita kunjungi?


1. Obyek Wisata Pantai Padang

Pantai Padang atau orang Minang sering menyebutkan Taplau menjadi destinasi wisata di Padang yang pertama harus Anda kunjungi. Pantai Padang ini sangat berbeda dengan yang dahulu, pemerintah Kota Padang terus berbenah dan memperbaiki fasilitas di Pantai ini.

Kini Taplau sudah berubah menjadi tempat yang cantik dan indah dengan aneka bunga yang menghiasi disekitarnya. Pantai ini berada di dekat Ramayana Plaza Andalaz, Pasar Raya Padang dan dekat juga dengan Jembatan Siti Nurbaya.

Di sekitar pantai, Anda bisa menemukan banyak sekali pedagang makanan ringan hingga seafood dengan rasa yang enak. Satu lagi yang perlu Anda perhatikan sebelum makan, pastikan harga yang Anda makan itu berapa atau Anda dapat bernego terlebih dahulu dengan pemilik warung makan atau ampere, karena ada sebagian kebiasaan pedagang kalau pembelinya para wisatawan harganya dinaikkan.


2. Destinasi Wisata Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak menjadi objek wisata di Padang selanjutnya, pantai ini berada di Tabing. Lokasinya sekitar 20 KM dari pusat Kota Padang, Anda berjalan ke arah jalan lintas Padang – Pariaman.

Pantai ini berpasir  putih, lebar, landai dan dipenuhi oleh pohon – pohon kelapa yang menjulai tinggi. Untuk menambah kenyamanan liburan di Pantai Pasir Jambak, disediakan fasilitas seperti tempat parker yang cukup luas, panggung hiburan, tempat makan, home stay , gazebo dan penyewaan perahu. Sangat cocok untuk berjemur, berenang bersantai dan menyaksikan matahari terbenam. Untuk datang ke pantai Pasir Jambak ini, Anda mencapainya dengan transportasi motor, mobil, bus umum ataupun taksi.


3. Objek Wisata Pantai Air Manis Batu Malin Kundang
Travelers tentu sudah pernah mendengar mengenai kisah seorang anak yang durhaka kepada ibunya yang dikutuk menjadi batu bukan ? Ini adalah mitos yang berkembang di masyarakat hingga kini. Mengenai kebenaran ceritanya tidak terlalu penting yang terpenting adalah pelajaran yang dapat kita ambil, karena kita tidak boleh membantah apalagi durhaka kepada orang tua. Pantai Air Manis  atau Pantai Aia Manih kalau orang Minang menyebutnya, berada di dekat pelabuhan teluk bayur. Disini Anda bisa bermain air ataupun berfoto – foto. Juga ada banyak penjual souvenir khas Pantai Aia Manih berupa batu Malin Kundang dan sebagainya.


4. Objek Wisata Pantai Caroline
Inilah pantai yang dijadikan sebagai lirik lagu yang berasal dari Minang, Pantai Caroline. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Lokasinya di Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang, dapat dicapai dengan taxi atau angkot jurusan Bungus. Ada banyak fasilitas disini, seperti penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Dari Pantai ini wisatawan juga dapat menyewa motor boat atau perahu nelayan untuk pergi ke pulau-pulau karang yang berada di depannya.

Cuaca cerah membuat suasana pantai makin menggoda untuk dicumbui. Pasir putih dan ombak biru merayu siapa saja yang berkunjung siang itu ke Pantai Caroline—arah selatan Kota Padang. Pecahan ombak yang menyisir hingga tepian menyisakan buih-buih putih dan menyapu pasir pantai berwarna putih kecoklatan. Pantai nan landai dan rindangnya pepohonan menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung. Kawasan Caroline terbilang masih menyimpan potensi laut yang lebih baik ketimbang kawasan lain di sepanjang Pantai Padang.


5. Objek Wisata Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya menjadi tempat wisata di Padang yang wajib anda kunjungi selanjutnya jika anda liburan di Padang. Jembatan ini selalu ramai pada sore hingga malam hari. Pemandangan sekitarnya sangat indah sekali. Kalau malam hari jembatan ini sangat terang oleh lampu kota. Disana Anda dapat menikmati aneka makanan ringan seperti roti bakar, jagung bakar, dan aneka makanan yang dijamin enak. Sebagai rekomendasikan, Anda dapat  mencoba roti bakar disini, dijamin rasanya enak sekali. Lokasi jembatan ini dekat dengan pantai Padang dan Pasar Raya.


6. Tempat Wisata Sejarah Museum Adityawarman
Jika anda ingin kenal dengan budaya minang lebih dekat lagi, disini lah tempatnya. Museum Adityawarman berlokasi di Jl.Diponegoro no: 10 ,Kota Padang – Sumatra Barat. Museum Negeri Provinsi Sumatera Barat mulai dibangun  pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Pada tanggal 28 Mei  1979, meseum tersebut diberi nama “Adityawarman”. Nama Adityawarman  diambil dari nama seorang Raja besar yang pernah berkuasa di Minangkabau, sezaman  dengan Kerajaan Majapahit pada masa Patih Gajah Mada. Museum Adityawarman merupakan museum budaya  terpenting di Sumatera Barat. Museum tersebut berfungsi sebagai tempat  menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah seperti cagar budaya  Minangkabau, cagar budaya Mentawai dan cagar budaya Nusantara. Untuk menjaga kelestarian  koleksi benda-benda bersejarah tersebut, pemerintah setempat membentuk tim kecil  yang bertugas sebagai tenaga educator, konservator, preparator dan pustakawan.


7. Objek Wisata Lembah Anai
Lembah anai tidak berada di Kota Padang, lokasinya ada di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Jika anda hendak jalan pulang atau ingin menuju ke Bukit Tinggi, maka anda bisa melihan dan dinggah di Lembah anai. Atau Jika anda sudah selesai berkunjung ke tempat wisata di Padang di atas, anda bisa menjadikan lembah anai destinasi wisata selanjutnya. Lembah anai sangat terkenal, foto di samping diambil dari perlintasan kereta api yang ada di atasnya.



Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali