CARA MENGGUNAKAN TRANSPORTASI DI SINGAPORE

Singapore merupakan negara yang memiliki sistem transportasi publik yang baik. Dengan mengutamakan kenyamanan, tepat waktu dan efisien sehingga memudahkan turis maupun penduduk lokal mengelilingi Singapore, seperti MRT, LRT, Bus Kota dan Taksi.

Singapore merupakan negara yang memiliki sistem transportasi publik yang baik. Dengan mengutamakan kenyamanan, tepat waktu dan efisien sehingga memudahkan turis maupun penduduk lokal mengelilingi Singapore, seperti Taksi, Bus Kota, Mass Rapid Transit (MRT), dan Light Rail Transit (LRT)

Jika berjalan sendiri kamu juga tidak perlu takut karena tersesat. Selain kecil, informasi rute dan petunjuk jalan yang ada di Singapore juga sangat jelas dan mudah ditemukan.  

Jika bertiga atau berempat, naik Taksi bisa lebih murah dibandingkan naik MRT jika jarak tempuhnya jauh. Namun perlu diperhatikan, Taksi di Singapore hanya boleh berempat dan juga kita harus berhati-hati karena Taksi di Singapore juga memberlakukan biaya tambahan atau surcharge di jam-jam tertentu yang malah akan membuat biaya menjadi lebih mahal. (http://www.yuktravel.com/blog/detail/1005578/bagaimana-menghindari-biaya-tambahan-taksi-di-singapura)

Bus kota juga bisa jadi alternative saat kamu mengelilingi Singapore. Dengan menggunakan Bus, kita bisa dengan jelas memandangi suasana kota Singapore. Semua pelayanan biaya dan sistem yang digunakan adalah sama, yaitu dengan menggunakan kartu EZ-Link yang bisa dibeli di stasiun MRT atau bus. Rute-rute bus Singapore sangat banyak dan dapat dengan mudah ditemui di setiap halte bus. Ada pula layanan bus malam (Night Rider dan Night  Owl) yang beroperasi mulai pukul 00.00 hingga 02.00 dini hari pada malam-malam akhir pekan dan malam sebelum hari libur. 

Singapura memiliki 2 jenis sistem transportasi berbasis rel yaitu Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT). MRT menjangkau hampir seluruh wilayah Singapura sementara LRT berfungsi sebagai layanan feeder (pengumpan) bagi MRT yang umumnya tersedia di kawasan perumahan publik sebagai layanan transportasi jarak dekat serta untuk mempermudah warga Singapura dalam mengakses MRT. Oleh sebab itu, jalur LRT biasanya berhubungan dengan salah satu stasiun MRT.

Peta MRT dan LRT (Jalur yang berwarna abu-abu) dapat anda dapatkan di brosur-brosur wisata yang ada di bandara. Brosur-brosur tersebut dapat anda ambil gratis di dekat area keluar imigrasi. 

Ada 3 macam cara untuk membeli tiket MRT dan LRT di Singapore.

1. Single Card (Standard Ticket) : Keuntungan membeli Single Card adalah harganya yang murah. Harga tiket tergantung jauh dan dekatnya. Kekurangannya adalah, kamu harus bolak-balik jika akan naik MRT lagi karena Single Card hanya bisa di pakai 1 kali perjalanan

Cara membeli Standard Ticket :
• Datang ke mesin GTM (General Ticket Machine) yang tersedia di stasiun MRT.
• Pada layar sentuh, pilih Standard Ticket
• Akan muncul jalur peta MRT, pilih tujuan kamu
• Pilih jumlah tiket
• Masukan uang (Tiap mesin beda-beda, ada yang menerima sampai max SGD 10, ada juga yang hanya SGD 5. Di step ini akan muncul nilai uang yang akan di terima oleh mesin, dan jangan lupa untuk menambah harga tiket + deposit sekitar SGD 1 yang akan di kembalikan setelah sampai tujuan)
Jika tidak punya uang pecahan kecil, kamu bisa ke Passenger Service / counter dekat gate MRT

Jika kamu ingin mengambil deposit yang ada di tiket, Sesampainya di tujuan kamu tinggal menuju GTM dan pilih "Return Deposit" dan kemudian masukan kartu ke lubang yang disediakan.

2. EZ-Link : EZ-Link adalah tiket yang bisa di isi ulang. Tiket berlaku untuk MRT, LRT, dan Bus. Kamu bisa membeli tiket EZ-Link di Ticket Office yang ada di stasiun MRT atau Bus. Siapkan passport saat membeli EZ-Link.  Nilai minimum di EZ-Link adalah SGD 10 dan maksimal SGD 100 (Deposit SGD 5 unrefundable dan SGD 3 refundable)

Sisa saldo yang ada di kartu EZ-Link bisa kamu simpan untuk kedatangan berikutnya atau diambil kembali / refund.

3. Singapore Tourist Pass (STP) : Kartu ini mirip dengan EZ-Link dan merupakan kartu yang cocok untuk turis dengan perjalanan 1,2 atau 3 hari sepuasnya dengan SGD 8 /hari dan deposit SGD 10 yang dapat di refund asal tidak lebih dari 5 hari. STP tidak bisa digunakan lagi jika sudah melewati batas hari (Tidak dihitung 24 jam) Cara pembeliannya sama dengan EZ-Link yaitu menuju ke Ticket Office di stasiun MRT dan bisa diisi ulang.

Stasiun MRT di Bandara Changi letaknya di terminal 2, agak jauh dari pintu keluar. Ikuti petunjuk arah Train to City. Bila anda di terminal 1 atau terminal 3, naiklah sky train ke terminal 2 terlebih dahulu.

 

Cara menuju ke Geylang area (Hotel 81 Geylang/Palace/Orchid, Fragrance Crystal/Sunflower dll)

1. Dari MRT Changi, kamu dapat naik MRT jalur hijau dan turun di stasiun Aljunied.

2. Dari stasiun Aljunied kamu bisa berjalan kaki sebentar ke Geylang.

 

Cara menuju ke Selegie Area (Fragrance Selegie, Park Sovereign hotel dll)

1. Dari MRT Changi, kamu dapat naik MRT jalur hijau turun di City Hall

2. Dari stasiun City Hall pindah jurusan jalur merah dan turun di Dhoby Ghaut

3. Dari stasiun Dhoby Ghaut, pindah jurusan jalur ungu dan berhenti di Little India

4. Dari stasiun Little India, kamu bisa berjalan kaki menuju ke Selegie

 

Cara menuju ke Balestier Area (Value Hotel Balestier dll)

1. Dari MRT Changi, kamu dapat naik MRT jalur hijau turun di City Hall

2. Dari stasiun City Hall, pindah jurusan jalur merah dan berhenti di Novena

3. Dari stasiun Novena, berjalan sebentar ke halte bus Revival Ctr Ch di Moulmein Roud dan naik bus nomor 124. (Value Hotel Balestier juga menyediakan free shuttle bus dari MRT Novena setiap 1 jam sekali dari jam 08.50 – 12.50)

 

Cara menuju ke Lavender Area (V Hotel Lavender dll)

1. Dari MRT Changi kamu dapat naik MRT jalur hijau dan turun di stasiun Lavender

2. Dari stasiun Lavender, kamu bisa berjalan kaki sebentar ke Lavender area

 

Cara menuju ke Orchard Area (York Hotel, Orchard Hotel, Elizabeth Hotel, Mandarin Orchard Hotel, dll)

1. Dari MRT Changi, kamu dapat naik MRT jalur hijau dan turun di City Hall

2. Dari stasiun City Hall, pindah jurusan ke jalur merah dan berhenti di Orchard atau di Somerset

3. Dari stasiun Orchard / Somerset kamu dapat langsung berjalan kaki menuju Orchard

 

Cara menuju ke Raffles Area (Marina Mandarin Hotel, dll)

1. Dari MRT Changi, kamu dapat naik MRT jalur hijau dan turun di Paya Lebar
2. Dari stasiun Paya Lebar, pindah jurusan ke jalur kuning dan berhenti di Esplanade

3. Dari stasiun Esplanade kamu dapat langsung berjalan kaki menuju Raffles area

 

Cara menuju ke Universal Studio Singapore

1. Dari MRT terdekat, kamu dapat langsung naik menuju ke stasiun Dhoby Ghaut atau Outram Park (Tergantung rute MRT yang kamu naiki) 

2. Dari Dhoby Ghaut atau Outram Park, langsung di lanjutkan ke jurusan jalur ungu menuju ke Harbour Front

3. Dari Harbour Front, kemudian keluar menuju Vivo City

4. Dari Vivo City anda bisa naik bus yang letaknya di depan mall; jalan kaki lewat board walk ke Sentosa Island; atau naik sky train di lantai 3 mall VivoCity

 

Cara menuju ke Garden By The Bay 

1. Naik MRT Jalur Kuning, turun di stasiun Bayfront dan keluar melalui Exit B, dimana Anda akan keluar di area Dragonfly & Kingfisher Lake

atau

2. Naik MRT Jalur Merah, turun di stasiun Marina Bay, keluar di Exit A dan lanjutkan dengan naik bus No. 400, turun di Marina Gardens Drive.

 

Cara menuju ke Merlion Park

Kamu dapat naik MRT jalur hijau/merah dan turun di Raffless Place. Dari Raffless Place jalan ke arah Boat Quay/Hotel Fullerton. Dari Hotel Fullerton seberangi jalan ke arah Merlion Park.

 

Cara menuju ke Marina Bay

Kamu dapat naik MRT jalur kuning dan turun di Bayfront. Anda juga dapat turun di stasiun Marina Bay, namun harus jalan agak jauh.

 



Yuktravel ingin mengirimkan notifikasi promo menarik langsung ke perangkat Anda.

Lain kali